Selasa, 07 April 2009

Kutipan sastra:

Vladimir Nabokov:
"Sastra adalah penciptaan. Fiksi adalah fiksi. Menyebut sebuah cerita sebagai kisah sejati merupakan penghinaan bagi seni maupun bagi kebenaran

William Kennedy:
"Menulis adalah seni yang begitu rumit, sungguh rumit memahami apa yang anda coba keluarkan dari imajinasi anda sendiri, dari kehidupan anda sendiri".

William forrester:
"Menulislah – pada saat awal – dengan hati. Setelah itu, perbaiki tulisan anda dengan fikiran. Kunci utama dalam menulis adalah bukan berfikir, melainkan mengungkapkan apa saja yang dirasakan".

Mark Twain:
"aku temukan bahwa semakin jauh aku mundur, semakin baik aku mengingat segala sesuatu, baik yang terjadi maupun yang tidak".

Marcel proust:
"Semua bahan untuk karya sastra tidak lain adalah kehidupan masa lalu saya"

Angela Carter:
"imajinasi tanpa realita akan membusuk"

Katherine anne porter:
"Keberanian adalah hal penting yang paling pertama:

Khristopher Koch:
"Kita tidak bisa begitu saja menceritakan cara memulai sebuah novel. Ini ibarat perlahan jatuh cinta kepada seseorang. Kita tidak yakin kapan awalnya"

Nabokov:
Seniman sejati adalah orang yang tidak pernah menganggap remeh apapun"

Edna O'Brien:
"Saya tidak pernah kehilangan masa kecil saya dan mudah-mudahan tidak akan pernah, karena itulah mata air dan sumber tulisan saya"

William Kennedy:
"Ini hanya masalah ketekunan – dan sedikit bakat-. Pokoknya jangan menyerah. Maka permainan belum berakhir".

Colin Wilson:
"Lamunan adalah dasar dari segala fiksi".

Carrillo Mean:
"Penyabab utama kematian prosa adalah tidak adanya kecintaan penulis terhadap bahan tulisannya".

Fay Weldon:
"Begitu fikiran bekerja, tangan bergerak"

Anais Nin:
"Orang yang kembali ke buku harian adalah orang yang mencari dirinya. Penyusuran jalan menuju pengembangan dan kesadaran, jalan menuju kreatifitas".

Strunk Dan White:
"Jarang mengungkapkan segalanya adalah tindakan bijak"

Gerald Murnane:
"Aku menulis bukan karena aku memahami dunia, melainkan karena aku tidak memahaminya".

Gabriel Garcia Marquez:
"Seorang novelis dapat melakukan apapun yang dia inginkan sepanjang dia membuat orang mempercayainya"

Ernest Hemingway:
……lewat ciptaan, anda membuat sesuatu yang buka suatu perwakilan, melainkan suatu hal yang benar-benar baru, yang lebih benar dari apapun yang benar dan hidup, serta anda membuatnya hidup, dan apabila anda membuatnya denagn cukup baik, anda memberinya keabadian. Itulah alasan anda menulis"

Mary Lavin:
"Saya baru menyadari saat saya mulai menulis betapa banyak yang tidak saya ketahui bahwa saya tahu, dan ketika saya mulai menulis, ia kerluar secara refleks"

Gabriel Garcia Marquez:
"Pujian terbesar untuk karya saya tertuju kepada imajinasi. Padahal tidak satupun baris dalam semua karya saya yang tidak berpijak pada kenyataan".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar